Amanda Lima Blog

Baju kerja ataupun seragam kerja bukan sekadar pakaian yang menutupi tubuh. Lebih dari itu, baju itu juga menandakan identitas pribadi dan institusi tempat kerja. Seragam kerja bukan lagi monopoli instansi pemerintah. Saat ini, jamak kita melihat kantor-kantor swasta pun mewajibkan karyawannya mengenakan seragam sebagai identitas perusahaan.

Ada banyak bahan dan model yang membedakan seragam kantor sebuah perusahaan dengan perusahaan lain. Perbedaan ini tidak hanya bagian dari identitas perusahaan tersebut, tapi juga disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat kerja.
Pemilihan bahan banyak ditentukan oleh kondisi lingkungan tempat kerja serta fungsi dari pakaian tersebut. Apakah untuk kemeja kantor, kemeja kerja, kemeja lapangan, seragam pabrik, atau wearpack dan seragam tambang.

Jika pakaian seragam kerja itu digunakan untuk di dalam ruangan kantor yang ber-AC, kita dapat menggunakan bahan katun dan polyester. Sebab, suhu di ruangan ber-AC biasanya rendah dan adem. Sehingga, penggunaan bahan polyester tidak akan mengakibatkan badan terasa gerah.

Akan berbeda apabila baju itu digunakan untuk karyawan yang bekerja di luar ruangan. Maka, bahan katun yang adem akan sangat membantu badan tidak mudah gerah. Bahan katun juga dapat menyerap keringat dengan baik. Sehingga pakaian terasa nyaman bagi pemakainya.

Faktor Penentu Harga Seragam Kerja

Setiap seragam kerja tentunya memiliki harga yang berbeda-beda. Paling tidak, ada beberapa hal yang mempengaruhi mahal tidaknya harga seragam kerja tertentu, seperti misalnya kualitas bahan, tingkat kerumitan model seragam, serta jumlah pemesanan.

Seluruh faktor penentu harga seragam kerja tersebut akan dibahas lebih detail melalui artikel di bawah ini. Cari tahu 3 faktor penentunya, yuk. Ini dia:

1. Kualitas Bahan

Tentu saja harga seragam kerja dengan kualitas bahan yang lebih bagus akan memiliki harga yang lebih mahal. Perlu diperhatikan pula bahwa satu jenis bahan tertentu mungkin juga memiliki banyak varian, yang harganya masing-masing berbeda tiap varian.

Contoh bahan yang memiliki banyak varian adalah bahan drill. Paling tidak, terdapat tiga jenis bahan drill dengan harga yang berbeda-beda, yakni twill drill (bahan dengan serat kecil), American drill (bahan dengan serat sedang), dan Japan drill (serat besar).

Walaupun sama-sama bahan drill, namun ketiga jenis bahan ini memiliki harga yang berbeda-beda. Misalnya saja, bahan American drill yang paling banyak digunakan untuk membuat seragam. Harganya relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan Japan drill ataupun Taipan tropical.

2. Model Seragam

Demi menunjukkan citra perusahaan, biasanya sebuah seragam didesain dengan warna-warna tertentu dan detail seragam yang menunjukkan identitas perusahaan. Tergantung dari tingkat kerumitan pemesanan model seragam, harga seragam kerja pun bervariasi.

Misalnya saja, model seragam yang membutuhkan lebih dari satu macam bahan dengan jahitan tertentu pastinya lebih mahal dibandingkan dengan seragam yang hanya membutuhkan satu jenis bahan. Belum lagi jika sebuah seragam perlu ditambahkan dengan berbagai macam aksesoris, seperti bordiran logo dan nama perusahaan di berbagai tempat, dan detail-detail lainnya seperti kantung atau kancing lengan.

Seragam yang sederhana tanpa terlalu banyak aksesoris tentunya akan lebih mudah dibuat, sehingga waktu yang dibutuhkan pun lebih singkat dan harganya lebih terjangkau. Sebaliknya, seragam yang memiliki banyak detail khusus, biasanya lebih lama dikerjakan dan tentu harganya lebih tinggi.

3. Jumlah Pemesanan

Terkadang, jumlah pemesanan seragam juga dapat mempengaruhi harga seragam kerja. Misalkan, sebuah perusahaan yang memesan hingga 500 seragam untuk karyawannya tentu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan kelompok yang memesan 10 seragam dengan harga yang sama.

Pasalnya, semakin banyak jumlah pembelian bahan, biasanya penjual bahan akan menurunkan harga bahan per meter semakin banyak. Sehingga pada akhirnya, tiap orang akan membayar dengan harga yang lebih murah. Kesimpulannya, jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah, Anda sebaiknya memesan sekaligus untuk jumlah banyak, atau bisa juga memesan beberapa jenis seragam sekaligus di vendor yang sama.

Demikianlah faktor-faktor penentu harga seragam kerja yang perlu dipahami sebelum memesan seragam untuk perusahaan tempat Anda bekerja. Tentu saja dengan perencanaan yang baik, siapa saja bisa mendapatkan seragam dengan bahan kualitas terbaik dan model profesional serta harga yang ramah di kantong.